Cara Masuk Bios Lenovo

  • Whatsapp

Mau ngapain masuk ke BIOS lenovo? Heran deh. Kalau kamu berharap ada cara yang paling mudah, mendingan mundur aja. Karena tidak akan ada. Semua cara memang bisa dilakukan, tapi tidak semudah itu. Cuma, kalau kamu mau lebih teliti dan mau membacanya pelan-pelan, pasti kamu bakal paham.

Sebelum ke pembahasan cara masuk bios Lenovo. Kita perlu bahas dulu apa itu BIOS. Jangan sok-sokan bilang dan masuk asal ke BIOS dulu deh kalau belum paham itu apa.

BIOS itu kepanjangannya Basic Input Output System, katakanlah semacam chip yang tepasang di bagian motherboard komputer. Gunanya untuk dijadikan sebagai tempat awal penyimpanan ketika kita mau menginstall suatu program, untuk melihat konfigurasi hardware yang terpasang, dan sebagainya. Dengan adanya BIOS ini tentusaja akan mempermudah kita dalam melakukan install ulang komputer.

Sistem ini digunakan pada semua jenis komputer tanpa terkecuali, termasuk jenis komputer lenovo. Lalu, bagaimana cara masuk BIOS Lenovo? Kita bahas saja sekarang.

Cara Masuk BIOS Lenovo

Umumnya, untuk masuk ke BIOS laptop kita cukup menggunakan tombol F1, F2, Del, atau ESC. Namun, berbeda kalau mau masuk BIOS di laptop Lenovo. Perbedaannya hanya berada pada tombol Fn (Function). Bagi yang belum tahu, tombol Fn digunakan untuk mengaktifkan fungsi pada tombol keyboard.

Sampai di sini masih ngikutin dan masih pengin tau cara masuk BIOS lenovo? Silakan simak penjelasan di bawah ini.

Menggunakan Keyboard

Gampang, tidak perlu perangkat tambahan. Semua laptop pasti memiliki keyboard. Jadi cara masuk BIOS Lenovo yang kali ini Insa Allah dapat kamu coba lakukan dengan sangat mudah. Berikut panduannya!

  1. matikan laptop terlebih dahulu.
  2. tekan tombol power lalu tekan tombol F1 (Lenovo IdeaPad), tombol Fn F1 (Lenovo ThinkPad), ataupun tombol Fn F2 ( Lenovo G Series seperti Lenovo G405).
  3. Jika berhasil, akan dibawa ke halaman BIOS Lenovo.
  4. Selesai.

Mudah sekali bukan? Atau belum berhasil? Coba cara selanjutnya!

Disable Hotkey Mode

Cara kedua ini menjadi alternatif menggunakan cara pertama. Dengan mengikuti cara di atas, seharusnya sudah berhasil masuk ke BIOS Lenovo. Tapi kalau memang belum bisa dan masih mencari cara masuk BIOS Lenovo, berikut ini panduannya!

  1. silahkan booting ke sistem operasi pada laptop Anda.
  2. Jika sudah, klik Start > Power > Tekan dan tahan tombol Shift 
  3. klik Restart dan tunggu sampai proses restart selesai (laptop hidup kembali).
  4. Jika sudah hidup, segera tekan tombol F2 ataupun F1 (silahkan dicoba satu per satu) berkali-kali sampai bisa masuk BIOS.

Belum bisa juga? Kita pakai cara lain

Gunakan Tombol Novo Key

Cara yang kali ini bakal memakan waktu, karena penjelasannya agak panjang. Tapi cobalah untuk membacanya perlahan. Semoga kamu bisa mengerti:

  1. Siapkan lidi atau jarum. Hal ini disebabkan tombol tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil.
  2. tekan tombol tersebut. (pastikan laptop harus dalam keadaan mati) sampai muncul empat menu utama yakni normal setup, bios setup, boot menu, dan system recovery. Masing-masing menu tersebut memiliki fungsinya tersendiri, misalnya saja boot menu memiliki fungsi untuk menampilkan perangkat yang akan muncul pertama kali ketika laptop dihidupkan.
  3. Pemilihan menu tersebut sangat cocok bagi Anda yang menginginkan penginstalan ulang karena tidak perlu melakukan pengaturan pada bios.
  4. Namun, kali ini Anda hanya akan masuk ke menu bios, sehingga jenis menu yang dipilih adalah bios setup yang berfungsi untuk menampilkan aneka jenis pengaturan pada bios.

Tombol Booting Lenovo

Kalau masih juga belum berhasil, coba mengkombinasikan beberapa tombol fungsi di keyboard untuk memulai operasi bios. Untuk laptop lenovo G405 series silakan tekan tombol Fn+F2 secara serentak agar bisa masuk menu BIOS.

Namun untuk lenovo thinkpad, kamu bisa gunakan Fn+F1. Sedangkan untuk lenovo ideapad, maka tombol fungsi yang digunakan adalah F1.

Semoga berguna dan dapat membantumu menemukan cara masuk BIOS lenovo. Jika masih juga belum berhasil, coba tenang dulu, dan baca kalimat berikut ini:

  • Lakukan logout dari sistem windows
  • klik ke bagian layar masuk.
  • tahan tombol shift yang ada di keyboard sambil mengeklik tombol power.
  • tetap tahan pada tombol shift, namun diikuti dengan mengeklik tombol restart sampai layar menunjukan warna biru,
  • klik lanjutkan.
  • klik troubleshoot > opsi lanjutan > UEFI firmware setting > restart.

Setelah melakukan semuanya itu, semestinya kamu sudah bisa berhasil masuk ke BIOS lenovo. Kalau memang juga belum bisa, ya apa boleh buat, beli laptop baru saja sana! Huh! Kesel gue~

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *