Cara Mengatur Uang dengan Gokil

  • Whatsapp

Pengaturan keuangan individu sangat diperlukan agar penghasilan yang kita peroleh tidak tersia-siakan. Setiap orang wajib memahami cara mengatur keuangan, sehingga penghasilan bulanannya dapat disisihkan untuk tabungan di masa akan datang.

Prinsip 50/30/20 sangat bermanfaat untuk digunakan dalam pengaturan keuangan bulanan, sehingga kondisi finansial anda memungkinkan untuk melakukan penghematan tabungan yang dapat digunakan pada masa pensiun atau waktu mendesak 

Kepopuleran metode 50/30/20 Ditulis oleh Senator Elizabeth Warren beserta putrinya Amelia Warren Tyagi dalam sebuah buku dengan judul All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan. 

Prinsip dasar dari metode ini adalah kita wajib mengalokasikan 50% dari pendapatan kita untuk dibelanjakan sebagai kebutuhan sehari-hari.  Sedang ada untuk di dibeli hal atau inginkan. Terakhir 20% nya adalah wajib disisihkan untuk tabungan yang kita miliki.

Prinsip 50/30/20 yang wajib kita pahami yaitu: Pastika setiap penghasilan yang kita dapatkan dan disimpan di rekening bank setiap bulannya, dikurangi terlebih dahulu untuk membayar pajak. Alokasikan 50% pengeluaran kita untuk membayar kebutuhan sehari-hari, sedangkan 30% ya untuk kita gunakan berbelanja barang ataupun layanan yang kita inginkan. 

Sisa dapat kita  untuk tabungan yang dapat digunakan pada saat kita pensiun atau sebagai dana cadangan. Dana cadangan yang harus kita miliki idealnya adalah Ah banyak tiga kali penghasilan yang kita miliki.

Hal tersebut untuk mengantisipasi jika kita terkena pemutusan hubungan kerja. dengan harapan selama 3 bulan kita dapat mencari pekerjaan baru untuk melangsungkan kehidupan.

Ketika kita menyisihkan 50% dari penghasilan kita untuk membayar tagihan-tagihan kebutuhan sehari-hari seperti kontrak rumah, Membeli bahan makanan, membayar asuransi, konsultasi ke dokter, makanan dan minuman, serta kebutuhan lainnya.

Pada dasarnya semakin kecil kita bisa menekan pengeluaran, maka semakin besar kemungkinan kita dapat menyisihkan uang untuk tabungan. namun anda pun harus memiliki waktu untuk bersenang-senang setelah melakukan pekerjaan selama 1 bulan yang cukup melelahkan titik guna mengakomodasi hal tersebut sisihkanlah 30% dari Penghasilan anda untuk hiburan ataupun pergi berlibur. 

Setelah anda menyisihkan kan Diana untuk berlibur, hal lain yang harus anda ingat adalah menyisihkan dana tabungan untuk dana darurat, kebutuhan untuk ini cukup 20% dapat disimpan berupa Reksadana ataupun saham.

Pastikan anda melakukan pencatatan terhadap seluruh pengeluaran maupun pemasukan, sehingga dapat mempermudah dalam pengendalian dana yang dimiliki titik ketika pencatatan Anda buruk maka kemungkinan besar pengelolaan keuangan anda pun akan menjadi buruk.

Sebaliknya ketika pengelolaan uang anda baik biasanya catatan keuangan anda pun baik. Selamat mengelola keuangan dengan baik.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *