Cara Menurunkan Spamscore Menurut 3 Blogger Terbaik *Updated

  • Whatsapp

Gimana sih cara menurunkan spamscore pada blog? Kali ini bukan informasi, bukan pula tips. Kalau biasanya mungkin aku bakal memposting yang berkaitan dari salah satu kategori tersebut. Tapi kali ini aku bakal membuat postingan yang lebih ke sebuah eksperimen.

Namun, karena kategori eksperimennya gak ada. Aku bakal memasukkan postingan ini ke dalam dua buah kategori tersebut.

Sebelum ke pembahasan mengenai bagaimana cara yang paling efektif buat menurunkan spamscore pada blog. Mungkin perlu dibahas sedikit, kalau spamscore itu semacam indikator atau nilai spam yang ada pada domain blog kita.

Aku biasanya ngecek di moz.com. Kalau di moz semuanya bisa dicek dengan mudah. Tampilannya seperti ini:

spamscore

Dari tampilan itu, ada beberapa informasi yang bisa dilihat. Selain berapa nilai DA ada juga nilai Spamscorenya. Sayangnya nilai Spamscore domain blog ini tidak sebanding dengan nilai DA. Untuk itulah maka postingan ini dibuat untuk membuat suatu eksperimen, gimana sih cara menurunkan spamscore.

Cara Menurunkan Spamscore Domain Blog

Kita langsung saja ke pembahasan. Hari ini tanggal 14 November 2021, setelah dilakukan pengecekkan ternyata spamscore di blog ini sangat besar, yakni 71%. Aku berharap bisa menurunkannya sampai ke 5% atau bahkan bisa 1%.

Ada 3 buah postingan blog yang kujadikan rujukan, jadi akan kuikuti bagaimana saran dari masing-masing blog.

Masbily.com

Dari masbily.com kalau dibaca postingannya, cara yang paling mudah atau tergampang untuk diikuti adalah dengan melakukan disavow link. Semoga bisa saya terapkan.

Caranya begini, dijelaskan di sana bahwa untuk melakukan disavow harus melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Cek domain buruk yang ada di blog kita. Maksud domain buruk itu adalah yang spamscorenya tinggi
  • Catat semua domain yang punya spamscore tinggi yang tertaut di domain blog ke notepad
  • Simpan file di notepad tersebut untuk bahan nantinya melakukan disavow.
List domain yang bakal dilakukan disavow

Aku sudah selesai mencatat domain yang bakal dilakukan disavow. Sekarang tinggal melakukan proses disavow-nya. Ini masih ngikutin panduan dari blog yang pertama, yakni masbily.com, ternyata untuk melakukan disavownya ada di alamat yang lain. Aku kutip aja alamatnya ya, atau mau dibuat link?

https://search.google.com/search-console/disavow-links?utm_source=wmx&utm_medium=deprecation-pane&utm_content=disavow-links-main

link untuk disavow

Aku baru tau ternyata untuk melakukan disavow, perlu mengaitkan akun Google Search Console juga. Jadi harus menggunakan akun yang di dalamnya sudah tertaut domain yang akan dilakukan disavow pada properties-nya.

halaman disavow

Ternyata caranya sangat mudah. Karena tinggal memilih domain yang bakal dilakukan disavow, kemudian unggah list yang sebelumnya sudah dicatat di notepad. Tunggu sampai terunggah sepenuhnya, dan selesai. Dari tangkapan layar di atas, aku sedang mencoba melakukan disavow untuk 25 domain yang menurutku memberikan pengaruh buruk pada domain ini.

Itulah tadi cara yang diberikan oleh masbilly.com, terimakasih Mas Billy atas panduannya.

Haniwidiatmoko.com

Mbak Hani ini di blognya memberikan ulasan yang agak berbeda dari blog sebelumnya. Kalau sebelumnya Mas Billy menyarankan untuk disavow, Mbak Hani bilang di sana kalau ada setidaknya tujuh cara untuk mengurangi spamscore blog.

  1. Mengatur kotak komentar – yang diatur adalah bagian url-nya, sehingga para komentator tidak dapat secara sembarangan untuk meninggalkan url yang dapat membuat blog kita rawan mendapatkan spamscore yang tinggi.
  2. Tidak meninggalkan tautan di komentar – jika kita rajin melakukan blogwalking, di sini mbak Hani tidak menyarankan untuk meninggalkan url. Agar kita tidak tertular Spamscore apabila blog yang kita tinggalkan komentar itu memiliki spamscore yang tinggi.
  3. Perbanyak artikel organik – organik ini terserah mau apa aja, terus diberikan saran juga kalau memang sering dapat job, usahakan untuk membuat perbandingan 3 : 1, artinya kalau sudah buat 3 postingan job, imbangi dengan 1 postingan yang bukan job.
  4. Perbanyak Backlink – namun yang jadi catatan mbak Hani adalah harus pada situs yang sehat, yaitu yang bukan situs perjudian atau sejenisnya. Backlink ini juga berguna untuk meningkatkan nilai DA dan DR kita loh.
  5. Hapus brokenlink – kalau pengguna wordpress bisa menggunakan pluggin, sementara untuk blogger bisa menggunakan platporm yang ada di internet secara gratis, mungkin agak repot aja sih kalau blogger.
  6. Disavow – ternyata mbak Hani juga menyarankan untuk disavow. Cara disavow ini juga ada di blog mas Billy, jadit tidak kujabarkan lebih banyak lagi.
  7. Aturlah Jejaring Sosial – gunanya agar dapat meyakinkan kalau blog yang kita kelola ini bukanlah situs spam, sebisa mungkin berikan pula akun linkedid agar tampak lebih terpercaya.

Oke, itu aja dari mbak Hani. Dari ke tujuh cara di atas, aku tertarik untuk melakukan yang cara di nomor 5 dulu, karena itu yang kayaknya paling mudah.

Pertama-tama yang kulakukan adalah menambahkan plugin Broken Link Cheker. Kalau kamu mau pasang pula, bisa ambil yang paling atas, atau cari yang bintangnya paling banyak. Karena kalau bintangnya banyak biasanya sih orang pada percaya. Aku pasang yang lambangnya rantai warna biru.

Ternyata cukup mudah. Setelah kucoba, langsung kebaca ada beberapa link yang ternyata broken. Di sana sebagai admin, aku diberikan keputusan untuk melakukan unlink, atau memutuskan kalau itu bukan link broken. Selain itu aku juga dapat mengganti alamat yang broken dengan menggunakan alamat yang OK.

Berikutnya, aku akan mematikan URL pada kolom komentar. Aku googling sebentar, karena di blognya Mbak Heni tidak dibahas, jadi untuk melakukan ini aku meminta bantuan fazar.net, yaitu sebagai berikut:

function disable_comment_url($fields) {
 unset($fields['url']);
 return $fields;
}
add_filter('comment_form_default_fields','disable_comment_url');

Sisipkan kode di atas ke tema, artinya aku harus melakukan penyuntingan tema.

Ternyata caranya cuma begitu aja, karena setelah kulakukan pengecekkan, di kolom komentar sudah tidak ada lagi kolom url.

Helmykediri.com

Ini jadi blog terakhir yang bakal kuulas trik dan tips yang diberikan, terkait cara menurunkan spamscore di blog. Aku belum baca postingannya sebelumnya, jadi aku berharap tidak ada kesamaan antara postingan di blog ini dengan postingan yang ada di blog sebelumnya.

Ternyata di sini dijelaskan banyak hal, sangat detil dan mudah dipahami. Mulai dari apa itu spamscore dan hukuman apa yang diberikan google terhadap situs yang Ss-nya tinggi.

Dari sini aku juga jadi tahu kalau untuk SS yang nilainya 71% seperti punyaku ini Google memberikan hukuman dengan bendera sebanyak 9.

Sayangnya informasi yang ada di sana tidak begitu kubaca, banyak yang kulewatkan, karena kali ini aku hanya fokus tentang bagaimana cara menurunkan spamscore. Padahal sebenarnya artikelnya sangat lengkap, termasuk juga faktor-faktor yang menjadi penyebab kenapa spam di blog kita nilainya bisa besar.

Ada dua situs di sini yang kemudian menarik untuk kubuka, karena terus terang sebelum ini aku gak tau situs ini. Yakni:

  • Seomastering
  • Linkpad

Sebetulnya dijelaskan juga sih kalau kegunaan keduanya ini sama. Jadi tanpa berlama-lama aku cek aja langsung di sini. Aku sangat penasaran apa yang bisa kutemukan dari kedua situs ini.

Setelah kubuka ternyata isinya membingungkan. Aku mulai dari yang seomastering dulu. Di sana aku diminta untuk memasukkan url domain yang akan dilakukan analisis. Aku ketik di sana thegokil.com yakni alamat domain blog ini. Terus di sana isinya banyak betul, seperti grafik-grafik backlink, nilai alexa, dll yang masih sangat membingungkan aku selaku blogger awam.

Ternyata di sini aku tidak terbantu. Kemudian aku lanjutkan ke situs likpad. Ternyata di sini aku diminta registrasi dnverifikasi email.

Setelah kuregistrasi dan verifikasi, lalu masuk ke situsnya, makin bingung pula lah aku. Mana sekarang sudah pukul 23:26 WIB, dan aku juga mulai mengantuk, aku sudah tidak konek lagi.

Aku berharap dengan cara disavow kali ini aku bisa berhasil menurunkan nilai spamscoreku.

***

Updated

Hari ini tanggal 22 November pukul 19.31 WIB. Barusan aku mantau nilai spam score melalui moz, ternyata blog ini nilainya sudah membaik. Berikut ini tangkapan layar yang kuambil:

spam score

Aku tidak menyangka sih kalau bakal bisa secepat itu. Hanya berselang satu minggu saja, spam score yang semula 71% langsung berangsur menjadi 3%. Mantap ya. Eksperimen kali ini tampaknya berhasil. Next, kita eksperimen apa lagi ya?

Baca juga Cara Meningkatkan Traffic Blog

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar