Kerokan itu Boleh Tidak, Sih?

  • Whatsapp

Apa sih yang biasanya kamu lakukan kalau tubuh udah ngasih sinyal tidak enak di badan? Kalau aku paling suka kerokan. Barusan banget, aku merasa tidak enak di bagian depan badan. Gak tau kenapa kalau abis kerokan itu badan jadi enteng, makanya jadi keterusan.

Namun pernah gak sih cari tau kalau kero kan itu boleh atau tidak? Ini menarik nih. Aku rasa semua orang yang doyan atau mengaku suka kerokan tidak pernah mencari tau dulu apakah dalam kesehatan kerokan itu boleh atau tidak. Mari kita bertanya kepada google.

Kerokan itu Boleh Tidak, Sih?

kerokan

Kerokan dianggap terapi yang aman dilakukan untuk keluhan ringan, seperti nyeri otot, pegal, dan sakit kepala. Meski begitu, kerokan semestinya dilakukan oleh pemijat ataupun praktisi akupunktur yang telah memiliki kompetensi untuk terapi ini, gunanya agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

aladokter.com

Dari kalimat itu sebetulnya sudah terjawab kalau kerokan itu boleh. Asal melalui praktisi ataupun pemijat yang tersertifikasi. Tapi ini Indonesia, coy, di mana mau cari tukang kerok yang punya kompeten dengan bukti sertifikasinya coba?

Semua orang bisa melakukan kerok mengerok, karena cukup mengoleskan minyak, balsem, atau lotion saja, kemudian dengan menggunakan koin langsung dikerok. Terus ngapain pake jasa yang kompeten aja ya? Katanya untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan terjadi.

Ada beberapa tips agar kita tidak mengalami hal-hal yang tidak kita inginkan setelah melakukan kerokan, yakni dengan membersihkan alat yang kita gunakan untuk mengerok terlebih dahulu – hal ini penting agar tidak terjadi infeksi pada kulit.

Jadi ternyata kerokan itu memang boleh. Seorang ahli peyakit dalam Djoko Santoso, dr., Sp.PD, K-GH, Ph.D mendukungnya dengan membuat pernyataan seperti ini:

“Kerokkan berguna bagi orang dengan kondisi tubuh prima, selama sistem pertahanan alami tubuh tidak berubah atau tubuh dalam kondisi normal, maka kerokan tidak masalah”

dari https://fk.unair.ac.id/archives/2011/02/28/kerokan-boleh-asal.html

Namun demikian, dr. Djoko lebih menganjurkan istirahat cukup untuk mengembalikan keseimbangan tubuh. Karena prinsipnya, apabila kondisi tubuh terjaga kebugarannya, maka tidak mudah terserang penyakit.

Menurut dr. Djoko ada beberapa cara untuk mengembalikan keseimbangan tubuh, di antaranya sebagai berikut:

  • menjaga kualitas tidur minimal 7 jam,
  • memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang,
  • rutin berolah raga,
  • dan menghindari stress

Dengan memenuhi semua hal di atas, maka daya tahan tubuh akan senantiasa terjaga.

Apabila melihat dari sisi medis pun, kerokan memang dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Koin yang kita gunakan untuk mengerok dapat membuat suhu tubuh meningkat, sehingga badan menjadi lebih hangat.

Keadaan di mana suhu tubuh yang memanas ini mengakibatkan pembuluh darah dalam tubuh menjadi melebar. Hal ini berguna untuk memperlancar peredaran darah pada tubuh biasanya kita kenal dengan istilah oksigenasi.

dari halodoc.com

Jika peredaran darah sudah lancar, maka gejala masuk angin pun dapat membaik. Karena kerokan juga dapat meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh.

Dari postingan ini semoga dapat berguna dan memberikan informasi terkait ya, coy. Semoga setelah ini kita jadi tidak was-was dan merasa ragu lagi kalau sewaktu-waktu tubuh membutuhkan kerokan. Yuk tinggalin komentar di bawah kalau kamu membaca postingan ini. Terimakasih sudah berkunjung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *