Meningkatkan Traffic Blog, Apakah Penting?

  • Whatsapp

Kalau ditanya, apakah meningkatkan traffic blog itu penting? Jawabannya bisa tergantung tujuan ngeblognya. Sebagai blogger yang mulai pengen lebih serius mengelola blognya, aku mulai tertarik dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan tips atau kiat-kiat yang berkaitan dengan blog.

Makanya ketika ada informasi bakal ada webinar yang diadakan grup Blogwalking Asik, aku langsung tertarik buat join.

Acara yang diisi oleh Bang Doel sebagai pemateri, dan dimoderatori oleh Mas Ari Getas — sekaligus pemberi hadiah pupuk, untuk blogger yang katanya beruntung. Ini beneran asik kalau memang beneran bisa dapat pupuk dari hasil ngeblog. Agak unik aja, karena jarang rasanya ada event untuk blogger yang kemudian beruntung mendapatkan pupuk.

Apakah acaranya seru? Iya, menurutku seru. Aku yang belum terbiasa mengobrol dengan para member meski virtual begini, sudah merasa hangat. Aku merasa berada di antara orang-orang yang memiliki minat yang sama. Acara ini diikuti oleh sekitar 50-an blogger dari seluruh nusantara.

Meningkatkan Traffick Blog

Hanya saja, di sini aku tidak menemukan blogger yang sedaerah. Tidak apa-apa lah, asalkan kita masih dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama, yakni Bahasa Indonesia.

Sekilas tentang BlogWalking Asik

Blogwalking Asik ini adalah grup WA dimana isinya adalah blogger, baik blogger pemula atau yang mengaku masih pemula hingga ke blogger yang sudah expert. Grupnya asik, karena setiap hari ada saja yang selalu dibahas dan sangat asik, jadi sesuai dengan namanya.

Anggotanya pun keren-keren, dengan latar belakang yang beragam, yang berada menyebar di seluruh nusantara. Banyak blogger yang langganan juara lomba juga ada di sini.

Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Blog?

Ada beberapa komponen yang harus disiapkan untuk meningkatkan traffic. Bang Doel selaku pemateri di awal sebetulnya sudah bilang bahwa dengan melakukan pembiasaan blogwalking pun sudah dapat menjadi pemberi traffic yang cepat.

Namun blogwalking baik sebagai peningkat traffic jangka pendek. Artinya ketika kita pensiun atau berhenti melakukan blogwalking, maka traffic yang ada di blog kita pun akan turun. Jadi blogwalking tidak mungkin bisa kita pakai terus-terusan. Untuk itu setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan traffic blog menurut Bang Doel.

  • Kecepatan Blog
  • Desain Blog
  • Struktur Blog

Sebetulnya tujuanku untuk ikut acara ini selain sebagai caraku untuk silahturahmi antar warga blog di grup BWA (BlogWalking Asik), tapi juga sekaligus sebagai ajangku untuk meningkatkan pengetahuan lagi, dan yang paling penting ilmunya mau kuterapkan pada blog yang baru kubuat ini.

Mengingat beberapa waktu lalu aku melakukan disavow link yang menurutku memberikan dampak buruk pada besarnya jumlah Spam Score di blog ini, aku kemudian melemparkan pertanyaan.

Apakah besarnya Spam Score dapat memberikan pengaruh pada traffic blog?

Bang Doel menjawab dengan santai, kalau katanya tidak ada kaitannya antara traffick blog dengan spam score. Karena spam score didapat akibat adanya link yang tertaut pada domain yang memiliki reputasi buruk, yang seperti itu biasanya diberikan oleh Moz. Sedangkan traffic blog adalah pengunjung yang mendatangi blog kita. Sehingga adanya kemungkinan spam score yang tinggi tidak memberikan dampak pada peningkatan traffic blog.

Dari jawaban Bang Doel itu akhirnya aku tenang. Aku berharap blog ini juga punya traffic yang baik ke depannya. Sehingga dapat menjadi blog penghasil uang tentunya.

Selanjutnya aku rangkum sedikit yang disampaikan oleh Bang Doel mengenai cara meningkatkan traffic Blog. Aku mulai dari yang paling kuingat dulu.

Riset Keyword

Riset kata kunci atau keyword ini penting. Gunanya untuk membidik sesuatu kata kunci yang ada di google agar pengguna internet yang ingin mencari informasi terkait, dapat menemukannya dari blog kita.

Untuk itu pula kecepatan blog dibutuhkan. Kita dapat mengeceknya secara online. Bang Doel bilang tidak harus sempurna dengan nilai 100, asalkan nilainya lebih dari 70 sudah cukup baik.

Selain itu struktur blog juga diperlukan, untuk mendapatkan snippets pada google. Adanya fitur snippets ini bisa menguntungkan blogger karena bisa jadi teratas, namun juga dapat merugikan blogger karena pembaca bakal batal mengeklik artikelnya. Jadi ada plus minusnya. Meski pun begitu, namun struktur blog itu tetaplah penting, setidaknya lebih terlihat jelas deskripsi artikel yang diberikan.

Update Konten Lama

Update konten lama ini bisa menjadi penting dengan catatan, apabila sebelumnya tidak memiliki heading dan struktur penulisan blog yang baik. Untuk itu perlu dilakukan sedikit penyuntingan, agar postingan terkait dapat membidik pengunjung lebih banyak, sehingga traffic blog pun akan meningkat.

Aku pernah membaca postingan blogger lain, ini diluar kegiatan BWA malam itu. Katanya memang update konten lama ini juga bagus dilakukan, apalagi konten yang ada merupakan konten organik.

Kemudian sebagai pembeda konten yang lama dengan konten yang sudah disunting, ada yang beranggapan bahwa membubuhkan kata “updated” pada judul konten yang sudah disunting dianggap penting. Hal ini bertujuan untuk memberitahukan khalayak bahwa postingan tersebut sudah diperbaharui.

Desain Blog yang Bagus dan Responsif

Ternyata blog yang cepat aja tidak cukup. Apalagi yang bagus aja di halaman depannya. Yang diperlukan untuk mendapatkan traffic lebih banyak ada blog yang mempunyai template yang responsif.

Responsif di sini maksudnya dapat menyesuaikan dengan gadget yang dipakai oleh pembaca. Misal ada si A yang membuka melalui laptop terlihat rapi, nah si A ini juga harus merasakan hal yang sama ketika dia membuka blog kita via ponselnya.

Untuk itulah desain blog yang bagus dan responsif diperlukan.

Indeks Google

Dari acara ini aku akhirnya juga paham betapa pentingnya meminta indexing pada google ketika artikel sudah diposting. Untuk itu ketika membuat postingan baru sebaiknya langsung diminta indeks pada google.

Beberapa waktu lalu aku mengalami kendala pada saat melakukan indeksing ini. Beruntungnya aku ternyata ada yang bertanya terkait masalah yang sama.

Katanya memang saat ini google punya pemberlakukan baru, karena indeksing ini memang sepenuhnya dikendalikan oleh google. Bisa jadi sebetulnya artikelnya sudah terindeks, namun bisa juga kalau artikelnya tidak diindeks karena dianggap artikel terkait sudah pernah dibahas oleh banyak blogger sebelumnya yang juga sudah diindeks.

Makanya terkadang ada url yang tidak dapat langsung terindeks oleh google.

Manfaat Traffic Blog

Jika sudah dibahas apa saja yang memiliki pengaruh pada traffic blog, berikutnya aku bahas sedikit manfaatnya. Traffic blog itu adalah pengunjung yang datang ke blog kita karena mencari informasi melalui kata kunci di google. Dengan adanya traffic ini memberikan manfaat pada blog kita dalam meningkatkan autoritas atau yang biasa kita kenal dengan DA.

Selain itu trafick blog juga bermanfaat dalam bisnis apabila kita mendapatkan job yang membutuhkan pageviews. Adanya traffic blog yang baik dapat memungkinkan kita untuk mendapatkan job ulang secara berkala.

Kesimpulan dan Saran

Setelah mengikuti acara ini kalau perlu bikin kesimpulan acaranya berlangsung asik, sesuai dengan nama grupnya BlogWalking Asik. Aku mengikutinya juga santai, tidak terasa karena tahu-tahu acaranya berakhir. Jadi tinggal menantikan doorprize-nya aja. Semoga aku jadi salah satu blogger yang beruntung mendapatkan hadiahnya di event cara meningkatkan traffic blog. Siapa tahu kan aku beneran dapat pupuk ya kan?

Sebagai saran, ini juga sudah kusampaikan lewat gform presensi ketika acara waktu itu. Mengingat kegiatan seperti ini menarik dan menyenangkan, aku mungkin berharap acara ini dapat dilakukan secara berkala. Karena dapat menambah wawasan dalam mengelola blog, sekaligus juga dapat memberikan ide untuk update blog — ini berlaku untuk blogger yang jarang update seperti aku ini.

Oh ya tambahan sebagai penutup postingan tentang meningkatkan traffic blog ini, aku juga berharap suatu saat bakal ada pembahasan tentang strategi menang lomba blog, mengingat ada banyak anggota grup yang langganan menang blog.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar